Kitab Silsilah Al-‘Arabiyah Baina Yadaik
Seiring dengan meningkatnya minat dan perhatian terhadap bahasa Arab maka
disusunlah berbagai macam kitab dan silsilah pengajaran bahasa Arab untuk
memenuhi kebutuhan para pelajar bahasa Arab. Meskipun telah terdapat beberapa
metode dan kurikulum pembelajaran bahasa Arab, akan tetapi masih dibutuhkan
pengembangan metode baru yang akan semakin memperkaya ladang ini.
Silsilah Al-‘Arabiyah Baina Yadaik turut ikut andil dan berkontribusi dalam
bidang tersebut. Silsilah Al-‘Arabiyah Baina Yadaik memiliki ciri-ciri umum
sebagai berikut:
Kemampuan bahasa
Kemampuan komunikasi
Kemampuan budaya
Berikut penjelasan singkat tentang ketiga hal tersebut:
Kemampuan bahasa, mencakup:
a. Keahlian berbahasa, yang terdiri dari 4 hal yaitu:
Mendengar
Berbicara
Membaca
Menulis
b. Unsur-unsur bahasa, yang terdiri dari tiga hal yaitu:
Sistem suara
Mufradat
Susunan kata bahasa (disertai keterangan tentang kaidah-kaidah Nahwu, Sharaf,
dan Imla’ atau penulisan kata).
Kemampuan komunikasi
Tujuannnya adalah menuntun para pelajar agar mampu berkomunikasi dengan bahasa
Arab dan berinteraksi secara lisan dan tulisan, serta mampu menyusun kalimat
dan ungkapan.
Kemampuan budaya.
Para pelajar diperkenalkan dengan berbagai sisi kebudayaan bahasa Arab. Selain
itu, ditambahkan pula berbagai bentuk kebudayaan bahasa Arab dan bentuk
kebudayaan umum yang tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip Islam.
Kedua, para pengguna Silsilah
Silsilah ini ditujukan untuk para pelajar remaja dan dewasa baik mereka terikat
dalam satu lembaga pendidikan atau belajar otodidak, baik melalui program
pembelajaran yang intensif ataupun non-intensif.
Selain itu, silsilah ini ditujukan kepada para pelajar yang belum pernah
mengenal bahasa Arab. Dengan demikian, buku ini membimbing para pelajar mulai
dari nol hingga menguasai bahasa Arab dan mampu berkomunikasi dengan para
pengguna bahasa Arab baik secara lisan dan tulisan. Hal ini memungkinkan bagi
mereka untuk melanjutkan pendidikan ke universitas-universitas yang menggunakan
bahasa Arab sebagai bahasa pengantar.
Ketiga, Bahasa yang digunakan oleh Silsilah
Silsilah ini menggunakan bahasa Arab yang fashih (baku), tidak menggunakan
bahasa amiyah (pasaran), dan tidak juga menggunakan bahasa perantara sebagai
cara yang ideal dalam pengajaran bahasa.
Keempat, Kandungan Silsilah:
Silsilah ini terbagi dalam tiga tingkatan pembelajaran yaitu tingkat dasar,
tingkat menengah, dan tingkat lanjut.
Untuk masing-masing tingkatan tersedia satu kitab untuk pelajar dan kitab untuk
guru. Selain itu, tersedia juga kamus yang memuat lebih dari 7000 kosakata
pokok. Silsilah ini juga dilengkapi dengan panduan audio.
Kelima, hal-hal yang diperhatikan dalam penyusunan Silsilah
Silsilah ini menggunakan metode pembelajaran yang modern sebagaimana metode
pembelajaran ilmu bahasa-bahasa asing (terutama bahasa Inggris dan Prancis)
dengan tetap memperhatikan karakteristik khusus bahasa Arab.
Hal-hal yang diperhatikan dalam penyusunan Silsilah adalah sebagai berikut:
Keterpaduan antara keahlian berbahasa dan unsur-unsurnya.
Memberikan perhatian pada sistem suara dalam bahasa Arab.
Memperhatikan proses tadarruj (bertahap) dalam menyampaikan materi pelajaran.
Memperhatikan perbedaan-perbedaan individu di antara para pelajar.
Menyertakan latihan-latihan yang beragam.
Kesesuaian kandungan dengan tingkatan pelajar.
Menggunakan sistem unit-pelajaran dalam menyampaikan materi.
Menampilkan setiap kosakata dalam susunan yang sempurna.
Memperhatikan kemampuan pengucapan pada tingkat lanjut.
Menyertakan daftar kosakata dan ungkapan-ungkapan yang terdapat dalam setiap
kitab.
Menyertakan latihan berkala dalam setiap kitab.
Memanfaatkan berbagai pengalaman khusus dalam menyusun materi-materi pelajaran
bahasa Arab dan bahasa-bahasa lain.
Menampilkan nilai-nilai budaya dengan cara yang menarik.
Menggunakan banyak gambar, khususnya dalam buku pertama yang mengandung lebih
dari 1000 gambar penjelas.
Perlu diperhatikan di sini bahwa dengan mempelajari kitab Al-‘Arabiyyah Baina
Yadaik maka para pelajar akan mampu secara bertahap untuk membaca tulisan Arab
tanpa harokat (syakal).
Keenam, waktu standar untuk pengajaran Silsilah:
Waktu standar untuk menyampaikan seluruh pelajaran dalam kitab-kitab Silsilah
ini kurang lebih 300 jam pelajaran (satu jam pelajaran sekitar 45 menit). Ini
berarti 100 jam pelajaran untuk setiap tingkatan. Jika materi pelajaran
Silsilah ini disampaikan dalam program yang tidak intensif, maka dibutuhkan
waktu 3 tahun. Jika disampaikan dengan program intensif maka tergantung jumlah
jam
pelajaran setiap minggunya.
Bagi yang tertarik dengan DVD yang berisi:
- Kitab Digital Arabiyah baina yadaik hasil scan juz 1, 2 & 3
- Audio Arabiyah baina yadaik juz 1, 2 & 3
- Kitab Interaktif berupa slide Arabiyah baina yadaik lengkap dengan audio juz
1, 2 & 3
0 komentar:
Posting Komentar